Penyebab Melambatnya Penjualan Tablet

International Data Corporation disingkat dengan IDC menampilkan statistik penjualan tablet pada kuartal kedua tahun 2013 tercatat 45,1 juta unit tablet telah dikapalkan dipriode tersebut. Statistik tersebut jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 59,6%, namun jika dibandingkan per kuartal mengalami penurunan sebesar 9,7%.
Seorang direktur IDC bagian penelitian pasar tablet, Tom Mainelli berpendapat menurutnya angka penjualan tablet diisebabkan lantaran konsumen tengah menanti hadirnya produk teranyar dari Apple, iPad New Version.  Apple dikuartal kedua di tahun 2013 ini hanya mengapalkan sebesar 14,6 juta unit komputer tablet, angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kuartal pertama yang berhasil  mengapalkan sebesar 19,5 juta unit. Angka kuartal kedua juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan dengan kuartal kedua ditahun 2012 sebesar 60,3% sedangkan kuartal kedua di tahun 2013 ini hanya 32,4 %. Apple terakhir mengeluarkan pruduknya ditahun 2012 berupa laptop MacBook Air.

Penurunan angka tablet diposisi kedua di tempati oleh Samsung yang 8,1 juta unit tablet, turun sebesar 0,5 juta unit jika dibandingkan kuartal pertama sebesar 8,6% juta unit dengan penguasaan pasar 18%. Urutan berikutnya ditempati oleh Asus yang berhasil mengapalkan sebesar 2juta unit, turun 0,6 juta unit dari sebelumnya yang berhasil mengapalkan sebesar 2,6juta dengan pangsa pasar sebesar 4,5%. Dibalik sedihnya pangsa pasar dari beberapa tablet diatas ada kabar gembira bagi Lenovo yang akhirnya berhasil menembus 1,5juta unit pengkapalan dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 3,3% ditempel ketat oleh Acer dengan 1,4 unit dengan pangsa pasar berkisa 3,1%.

Adapun sistem operasi yang menguasai tablet di urutan pertama dikuasai oleh Android  denga pangsa pasar tablet sebesar 62,6% diikuti iOS 32,5% serta Windows sebesar 4,5%.
Pada bulan Mei yang lalu IDC memprediksi pengkapalan tablet melampaui PC di tahun 2015 mendatang, penyebabnya adalah konsumen lebih meilih untuk membeli iPad yang berharga lebih murah serta dengan ukuran yang lebih kecil. Kita Tunggu saja kelanjutan info pangsa pasar tablet selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment